Sejarah Desa

Admin Desa 30 April 2014 03:20:39 WIB

  • Sejarah Desa

SEJARAH DESA SANTONG MULIA

Desa Santong Mulia Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara sebelumnya merupakan pemekaran  dari  Desa Sesait. Niat awal mendirikan sebuah desa baru, sebenarnya sudah lama di dengungkan. Namun para sesepuh, seperti Rahim Arto, Nusiki (alm), Sawida, Isdin, Maharep, Abidin Tuarita, Astiah, Samudin (alm) dan Akh.Syamsudin, tidak tinggal diam. Mereka terus berupaya mencari terobosan-terobosan dan membangun komunikasi dengan berbagai elemen, termasuk dengan Pemerintah Desa Sesait (induk), bagaimana caranya agar diberikan mekar. Melalui perjuangan yang cukup panjang dan alot, akhirnya melalui inisiator Rahim Arto, pada malam Sabtu, 25 Mei 2011, bertempat di Mesjid Baiturrahim Lokok Sutrang, mengundang para kepala dusun dan seluruh tokoh masyarakat, dari 6 (enam) wilayah dusun yang menjadi rencana  desa baru nantinya. Pada pertemuan tersebut, pada intinya “Sepakat Mekar” dan membentuk Panitia Pemekaran Desa, dengan komposisi :

  1. Ketua : Rahim Arto
  2. Wakil Ketua  : Nusiyanto
  3. Sekretaris 1 : Misyadin, S.Pd
  4. Sekretaris 2 : Zainulhadi,S.Pd
  5. Bendahara   : Asrudin
  6. Anggota      : H.Aenudin, Latidi, Sugiono, Murdianto, dan Ramidin.

 

Sosialisasi Jelang Pemekaran Desa, Rapat Komite Pemekaran Desa Pemantapan Kawal Proposal Pemekaran

Seminggu kemudian, tepatnya malam Sabtu 28 Mei 2011, Panitia Pemekaran Desa yang sudah dibentuk tersebut menggelar rapat, dengan menghadirkan para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan para Kepala Dusun. Pada pertemuan ini, dibahas rencana nama desa, Pejabat Kadesnya, Lokasi Kantor, batas desa, BPD, calon perangkat desanya, serta jumlah penduduknya. Selain itu, dalam pertemuan ini juga ditanda tangani berita acara dukungan masyarakat terhadap calon desa baru.

Melalui perdebatan yang panjang dan alot, akhirnya disepakati Nusiki, sebagai Calon Kepala Desa, Abidin Tuarita, sebagai calon Ketua BPD, Kantor Dusun Tukak Bendu sebagai lokasi Kantor Desa, serta ditentukan juga luas wilayah 223,26 Ha, jumlah penduduk 2.560 jiwa dan 588 KK, dengan batas-batas wilayahnya yakni , Sebelah Utara : Desa Kayangan dan Desa Dangiang,  Sebelah Selatan : Desa Sesait , Sebelah Timur : Desa  Dangiang dan Desa Gumantar dan Sebelah Barat : Desa Sesait dan Desa Pendua.

*Kemudian, Selasa, 02 Agustus 2011, Pemerintah Desa Sesait (induk) Murdan, dan Ketua BPD Karyadin pun menyetujuinya dengan di tanda tanganinya Surat Keputusan Kepala Desa Sesait, nomor 13 tahun 2011 tentang Persetujuan Pemekaran Desa baru menjadi Desa Persiapan Santong Mulia. Selanjutnya, Senin 14 Agustus 2011, Proposal Pemekaran Desa tersebut, dikirim ke Bupati  Lombok Utara.

Dalam masa tunggu pasca telah dikirimnya Proposal Pemekaran Desa tersebut , Minggu 07 Maret 2014, ratusan anggota kelompok pemuda dari Dusun Tukak Bendu, Lokok Sutrang, Mula Gati, Sumur Jiri, Santong Mulia dan Lokok Rauk, menggelar aksi pasang spanduk sebagai bentuk wujud keseriusan dan antusiasme masyarakat diwilayah tersebut untuk bisa berdiri sendiri sebagai desa baru terpisah dari desa induk Sesait. Ke 6 (enam) kelompok pemuda tersebut antara lain, Kelompok Pemuda Generasi Bersatu (GB) Tukak Bendu, Kelompok Pemuda Bajang Patuh (BP) Lokok Sutrang, Kelompok Pemuda Mula Gati (MG), Kelompok Pemuda Sumur Giri (SG), Kelompok Pemuda Santong Mulia (Obama) dan Kelompok Pemuda Lokok Rauk (Lora Comunity).

Setelah melalui proses yang panjang dan melelahkan, akhirnya Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, melalui timnya, Selasa 14 April 2015 turun untuk melakukan verifikasi ke calon Desa baru yakni Desa Persiapan Santong Mulia. Satu bulan kemudian, setelah verifikasi tersebut, maka Bupati Lombok Utara H.Djohan Sjamsu,SH menerbitkan Peraturan Bupati Lombok Utara Nomor 15 Tahun 2015, tanggal 11 Mei 2015, Desa Santong Mulia berdiri sebagai Desa Persiapan, dengan luas wilayah 223,26 Ha, jumlah penduduk 2.560 jiwa dan 588 KK,                                                                                                                Dengan Batas-batas wilayah :

  • Sebelah Utara    :Desa Kayangan dan Desa Dangiang,
  • Sebelah Selatan : Desa Sesait
  • Sebelah Timur   : Desa Dangiang dan Desa Gumantar
  • Sebelah Barat    : Desa Sesait dan Desa Pendua.

 

Bupati Lombok Utara H.Djohan Sjamsu Melantik Kepala Desa Persiapan Santong Mulia

*Pengesahan Pendirian Desa Persiapan Santong Mulia di Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara Provinsi Nusa Tenggara Barat ini dilakukan oleh Bupati H.Djohan Sjamsu,SH pada hari Kamis, 11 Juni 2015 bertempat di Lapangan Land Tukak Bendu, sekaligus melantik dan mengambil sumpah Jabatan Eko Sekiadim,S.Sos Nip. 19720717 199203 1 005, Pangkat/Golongan Penata Tk I (III/d), yang ketika itu bertugas di Setda  dalam Jabatan Kasubbag Humas pada Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Lombok Utara sebagai Penjabat Kepala Desa Persiapan Santong Mulia Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara, dengan SK.Nomor : 268/28/Pem/2015 tanggal 11 Juni 2015. Pusat Pemerintahan Desa Santong Mulia awalnya berkedudukan di Dusun Tukak Bendu.Namun berdasarkan perkembangan selanjutnya  pusat Pemerintahan Desa Santong Mulia di pindahkan lagi ke Dusun Lokok Sutrang dan membawahi  6 (enam) wilayah  Dusun, yakni : Dusun Tukak Bendu dengan Kepala Dusun Sukarti, Dusun Lokok Sutrang dengan Kepala Dusun Asrudin, Dusun Mula Gati dengan Kepala Dusun Amudin, Dusun Santong Mulia dengan Kepala Dusun Iswandi, Dusun Lokok Rauk dengan Kepala Dusun Kamarudin, dan Dusun Sumur Jiri dengan Kepala Dusun Munawar.

 

Pj. Kepala Desa Persiapan Santong Mulia, Eko Sekiadim,S.Sos

Sebagai seorang Penjabat Kepala Desa di Desa baru Santong Mulia, maka Bupati H.Djohan Sjamsu,SH telah memberikan tugas melaksanakan pembentukan Desa Persiapan selama satu hingga tiga tahun menuju Desa Devinitif, yang meliputi sedikitnya ada 8 (delapan) tugas, yakni :

  1. Penetapan batas wilayah Desa sesuai dengan kaidah kartografis
  2. Pengelolaan anggaran operasional Desa Persiapan yang bersumber dari APBDes Desa Induk
  3. Pembentukan struktur organisasi
  4. Pengangkatan Perangkat Desa
  5. Penyiapan fasilitas dasar bagi penduduk Desa
  6. Pembangunan sarana dan prasarana Pemerintahan Desa
  7. Pendataan bidang kependudukan, potensi ekonomi, inventarisasi pertanahan serta pengembangan sarana ekonomi,pendidikan dan kesehatan
  8. Pembukaan akses perhubungan antar Desa.

 

BPD Pertama setelah Desa ini berdiri

Seiring dengan  telah diresmikan berdirinya dan telah dilantiknya Penjabat Kepala Desa Persiapan Santong Mulia oleh Bupati H.Djohan Sjamsu,SH tersebut, maka langkah awal yang di lakukan selaku Penjabat Kepala Desa Persiapan dalam menjalankan roda Pemerintahan Desa di Desa Persiapan Santong Mulia,yakni : Sehari setelah di dilantik dan diambil sumpah sebagai Penjabat Kepala Desa Persiapan, maka pada  Jum’at malam, 12 Juni 2015, bertempat di rumah Penjabat Kepala Desa, diselenggarakan rembuq desa yang dihadiri oleh tokoh Agama, tokoh Masyarakat dan para Kepala Dusun yang ada diwilayah Desa Persiapan. Agenda yang dibahas adalah membentuk BPD dan Perangkat Desa yang akan membantu Penjabat Kepala Desa dalam menjalankan roda Pemerintahan di Desa Persiapan Santong Mulia menuju Desa Devinitif. Oleh para tokoh dan Kepala Dusun yang hadir, telah disepakati membentuk Kepengurusan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan susunan Perangkat Desa.

*Adapun Komposisi Kepengurusan BPD berjumlah 9 (Sembilan) orang, yakni :

  1. Abidin Tuarita,B.Sc : Ketua
  2. Murdianto : Wakil Ketua
  3. Hardiono Efendi,S.Pt : Sekretaris (Wafat,Rabu,30 Maret 2016)
  4. Syamsuddin,S.Pd: Anggota
  5. Isdin Pribadi,M.Pd : Anggota
  6. Rahim Arto : Anggota
  7. Nusiki,DM : Anggota (Wafat, Jumat, 17 November 2017)
  8. Sawida : Anggota
  9. H, Aenudin : Anggota

* Komposisi Perangkat Desa Persiapan Santong Mulia, yakni :

  1. Karyati Al- Bayan : Sekretaris Desa (sekarang sudah purna tugas)
  2. Ahmad Sugianto : Kaur Pemerintahan (sekarang Kadus Tukak Bendu)
  3. Zaenul Hadi,S.Pd : Kaur Pembangunan
  4. Harianto : Kaur Kesra (sekarang sudah purna tugas)
  5. Al Ismai Zohri Kamiadi,A.Md : Kaur Keuangan
  6. Ariandi,S.Pd : Kaur Umum (sekarang Kadus Lokok Sutrang)
  7. Ismanto : Kaur Trantib 8. Rusmandi,S.Kom : SID

 

Perangkat Desa Pertama Kadus Pertama Masa Pemekaran

*Komposisi Kepala Dusun yang masuk dalam wilayah Desa Persiapan Santong Mulia yang berkuasa pada saat itu, antara lain :

  1. Sukarti : Kadus Tukak Bendu
  2. Asrudin : Kadus Lokok Sutrang
  3. Amudin : Kadus Mula Gati
  4. Iswandi : Kadus Santong Mulia
  5. Kamarudin : Kadus Lokok Rauk
  6. Munawar : Kadus Sumur Jiri

 

Rapat Pembentukan LPM, PKK dan Linmas

Selanjutnya, pada hari Sabtu, 13 Juni 2015, kembali Penjabat Kepala Desa Persiapan Santong Mulia menggelar rapat dengan menghadirkan seluruh Pengurus BPD, Perangkat Desa dan Kepala Dusun untuk membahas agenda pembentukan struktur lembaga Desa lainnya, seperti Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), PKK dan Linmas Desa. Pada pertemuan tersebut pada intinya sepakat membentuk lembaga LPM, PKK dan Linmas Desa serta sepakat juga menentukan Ketua dan  anggotanya.Untuk Ketua LPM dijabat oleh Misyadin,S.Pd,  Ketua PKK olen Sumarni,S.Pd dan Ketua Linmas Desa dijabat oleh Sukarno alias Kemong (Wafat Sabtu, 20 Juli 2019).

Pada hari Senin, 15 Juni 2015, seluruh Perangkat Desa yang sudah dibentuk kemudian di kumpulkan di Kantor Dusun Tukak Bendu sebagai lokasi Kantor Desa Persiapan Santong Mulia untuk bersih-bersih sekaligus diberikan arahan terkait dengan kesanggupan dan kepatuhan mengabdikan diri dalam membantu Penjabat Kepala Desa membangun Desa baru yakni Desa Persiapan Santong Mulia menuju Desa yang Devinitif.

Sejak Selasa, 16 Juni 2015 itulah, secara resmi Pelayanan Masyarakat di Kantor Desa Persiapan Santong Mulia mulai beroperasi. Dalam perjalanannya memimpin Desa Persiapan Santong Mulia tersebut, Penjabat Kepala Desa terus berupaya menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, yakni dengan selalu melibatkan masyarakat dalam berbagai program pembangunan. Langkah awal yang dijalankan adalah dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui mimbar jum’at terkait dengan keberadaan Desa baru diwilayah tersebut. Sehingga  sosialisasi itupun terus berlangsung hingga memasuki bulan Ramadhan.

Sesuai dengan tufoksi Penjabat Kepala Desa Persiapan yang diberikan, dari 8 item yang ditentukan, baru 5 (lima) item yang sudah dilaksanakan, yakni :

  1. pengelolaan anggaran yang berasal dari Desa induk,
  2. pembentukan struktur organisasi,
  3. pengangkatan perangkat desa,
  4. penyiapan fasilitas dasar, dan
  5. pendataan bidang penduduk, potensi ekonomi, dan lain-lain. Sedang 3 (tiga) item lainnya akan dilaksanakan bertahap.

 

Kantor Desa Persiapan Pertama di Tukak Bendu

Dalam menjalankan tufoksi itu, maka hari Minggu, 9 Agustus 2015 dengan menghadirkan seluruh BPD, LPM, Kadus dan tokoh masyarakat lainnya, bertempat di Mesjid Baitul Muhlisin Tukak Bendu telah disepakati untuk merehab Kantor Dusun Tukak Bendu yang akan ditempati sebagai tempat berkantor hingga Desa Persiapan Santong Mulia tersebut Devinitif. Sedangkan lokasi rencana tempat membangun Kantor Desa Persiapan Santong Mulia kedepan, telah disepakati di wilayah Dusun Lokok Sutrang seluas 50 are. Namun langkah awal disepakati 15 are dulu untuk dimiliki, sedangkan sisanya secara bertahap sepanjang Desa ini ada akan tetap di akomodir.

Pada hari Rabu, 7 Oktober 2015 bertempat di rumah Ketua P3A Sambik Belat, Pj.Kepala Desa Eko Sekiadim, bersama – sama dengan BPD (Rahim Arto dan Murdianto), Babinsa Irpan, Ketua MKD Desa Induk Sesait Ariandi, Ketua P3A Sambik Belat Jumadil dan Kaur Pembangunan Zaenulhadi, gelar sangkep. Agenda yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah Pembentukan Pekaseh Desa Persiapan Santong Mulia. Dalam pertemuan tersebut telah sepakat mengangkat/menunjuk Murdianto sebagai Pekaseh Desa dan posisinya sebagai  anggota BPD di gantikan oleh Rul Hadi berasal dari Dusun Tukak Bendu.

Pada hari Senin, 26 Oktober 2015 bertempat di rumah Jumadil (Gandek) P3A Sambik Belat dengan di hadiri, BPD, Sekdes, Ketua P3A Sambik Belat, para Kadus dan beberapa tokoh masyarakat mengadakan musyawarah untuk memprogramkan Desa Persiapan Santong Mulia bebas sertifikat pekarangan melalui program Prona. Sehingga seluruh warga masyarakat Desa Persiapan meresponnya, hingga akhirnya sesuai data yang terkumpul dan sudah diserahkan ke BPN KLU sejumlah 94 persil. Sejumlah itulah yang akan dilayani oleh pihak BPN pada tahun 2016 mendatang.

Untuk memenuhi kewajiban Kepala Desa sebagaimana di amanatkan dalam PP Nomor 43 Tahun 2014 sebagaimana diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2015 Pasal 13 ayat (1) yang berbunyi “Pejabat Kepala Desa Persiapan melaporkan perkembangan pelaksanaan Desa Persiapan sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 12 ayat (7) kepada : a). Kepala Desa Induk, dan b). Bupati/Walikota melalui Camat atau sebutan lain”.

Pada hari Selasa, 9 Februari 2016 bertempat di Aula Kantor Desa Persiapan yang di hadiri oleh Pj. Kepala Desa, Perangkat Desa, Kepala Dusun, BPD, LPM, Komite Pemekaran, Toga, Toma dan Toda, Pemerintah Desa Persiapan Santong Mulia kembali menggelar rapat evaluasi terkait 8 (delapan) item tupoksi dari Penjabat Kepala Desa. Dari 8 (delapan) item itu, baru 5 (lima) item yang sudah dilaksanakan pada semester pertama, antara lain:

  1. Penetapan Batas Desa berdasarkan kaidah kartografis
  2. Pengelolaan Anggaran Oprasional Desa persiapan Yang bersumber dari APBDes Desa Induk
  3. Pembentukan Struktur Organisasi
  4. Pengangkatan Perangkat Desa
  5. Pendataan Bidang Kependudukan, Potensi Ekonomi, Iventarisasi Pertanahan serta pengembangan sarana Ekonomi, Pendidikan dan Kesehatan.

Sedangkan 3 (tiga) item tupoksi lainnya akan direncanakan dilaksanakan pada semester kedua seperti: Penyiapan Fasilitas dasar bagi penduduk Desa, Pembanguan sarana dan prasarana Pemerintahan Desa, dan Pembukaan akses perhubungan antar Desa.

 

Kantor Desa Persiapan Kedua di Lokok Sutrang pasca Gempa

Dalam perjalanan selanjutnya, untuk item Penyiapan Fasilitas dasar. Berdasarkan rapat pada tanggal 11 Maret 2016 yang dihadiri seluruh Perangkat Desa, BPD, LPM, Kadus, P3A dan ketua Komite pemekaran, telah disepakati untuk menyiapkan dua fasilitas dasar bagi Pemerintah Desa Persipan Santong Mulia berupa; penyiapan lokasi pembangunan Kantor Desa seluas 30 are yang terletak di belakang SDN 2 Sesait di dusun Lokok Sutrang. Selanjutnya pembangunan Polindes seluas 3,20 are yang terletak di dusun Tukak Bendu, dan kedua bangunan tersebut sudah rampung. Namun, belum sempat di manfaatkan, hancur dilanda gempa bumi 7,0 SR, minggu malam 5 Agustus 2018.

Untuk membuka akses perhubungan antar Desa, pun telah dilaksanakan, yakni gotong royong dan membuka akses jalan baru Lokok Drangga dengan melibatkan seluruh elemem masyarakat desa (Minggu, 27 Maret 2016) yang menghubungkan tiga Desa tetangga yakni Desa Sesait, Gumantar dan Desa Dangiang.

 

*Beberapa program penting lainnya yang telah di lakukan :

Seminar Logo Dan Motto Desa

**Seminar Logo dan Motto Desa (Minggu, 20 Maret 2016) bertempat di Aula Kantor Desa setempat, yang di ikuti oleh 5 (lima) perserta, antara lain: Zaenulhadi, S.Pd, Iskandar, S.Pt, Lupiandi, S.PdI, Saidan Bahrul dan Samsul Hadi. Namun dalam perjalanannya, logo dan motto desa ini belum final disebabkan panitia seminar dan Tim penilai yang terdiri dari Tim 9 belum merampungkannya.

Peserta Lomba Dulang Saji Lebaran Ketupat

**Mengikuti Lomba Dulang Saji Tingkat Kabupaten Lombok Utara pada Even Festival Lebaran Ketupat yang di adakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Utara yang dilaksanakan, Rabu 13 Juli 2016 bertempat Pantai Ombak Beleq Dusun Lembah Berora Desa Sigar Penjalin Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara.

*Pada event tersebut Desa Persiapan Santong Mulia di utus untuk mewakili Kontingen Kecamatan Kayangan dan menorehkan Prestasi yang terbaik serta membanggakan dengan meraih juara umum satu. Sehingga dengan prestasi ini, Desa Santong Mulia berhak memperoleh piala tetap dan Piala Bergilir Bupati pada Lomba Dulang Saji tingkat Kabupaten Lombok Utara.

 

Pengantin Adat Sasak Wet Sesait

**Mengikuti kegiatan Pekan Apresiasi Budaya Ke-7 Kabupaten Lombok Utara yang dilaksanakan di lapangan Tioq Tata Tunaq  Senin 25 Juli 2016. Yang merupakan agenda tahunan untuk Parade Budaya. Pada event ini Desa Persiapan Santong Mulia Kembali mendapatkan kepercayaan untuk mewakili Kecamatan Kayangan pada acara pembukaan Pekan Apresiasi Budaya Ke-7 Kabupaten Lombok Utara yang pada saat itu, mengusung tema ‘Pengantin Adat Paer Daya‘. Sedangkan Kontingen Desa Persiapan Santong Mulia sebagai Kontingen yang berasal dari Kecamatan Kayangan mengangkat budaya ‘Pengantin Adat Sasak Wet Sesait’.  

 

Pawai  Karnaval tema ‘Budaya Taeq Lauq’.

**Mengikuti Kegiatan Lomba Pawai  Karnaval Tingkat Kecamatan Kayangan yang dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2016 di Lapangan Umum Kecamatan Kayangan dan Alhamdulillah Kontingen Desa Persiapan Santong Mulia mendapatkan Juara 3 Tingkat umum dengan mengusung tema ‘Budaya Taeq Lauq’.

 

Kegiatan Futsal Pada HUT Desa Pertama 2016

**Dibidang olah raga Desa Persiapan Santong Mulia membentuk Tim Desa yang di seleksi dari pemain dimasing-masing tim dusun dan diberi nama ‘Santong Mulia FC‘. Pada bulan November 2015, Tim Santong Mulia FC mengikuti Turnamen Bentek Cup yang diselenggarakan oleh Pemuda Bentek Desa Bentek Kecamtan Gangga. Dimana Tim Santong Mulia FC berhasil melaju ke putaran ke-III ( 8 besar) dan ikut ambil bagian pada open turnamen sepak bola di Desa Sambik Bangkol tahun 2016 dan Tim Santong Mulia hanya mampu bertahan sampai di babak 16 besar.

**Kegiatan berikutnya, dalam rangka memperingati HUT Desa Persiapan Santong Mulia yang pertama tahun 2016, Panitia HUT yang di ketuai oleh Ketua LPM (Misyadin, S.Pd) menggelar kegiatan olah raga futsal yang dikuti oleh 19 tim lingkup Desa Persiapan dan 1 (satu) tim tamu dari Polsek Kayangan.

**PKK Desa Mengikuti Lomba Gerak Jalan tingkat Kecamatan Kayangan Putra dan Putri dan Syukur Alhamdulillah untuk Tingkat Putri memperoleh Juara III yang diwakili oleh PKK Desa Persiapan Santong Mulia.

 

Tim Verifikasi Tingkat Kabupaten KLU dan Provinsi NTB

*Untuk mendapatkan pengakuan dari Pemerintah Pusat,  sebelumnya harus mendapatkan nomor Register dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Penantian yang cukup lama dan melelahkan tersebut, akhirnya pada tanggal 13 Januari 2017, nomor Register yang ditunggu-tunggu akhirnya keluar. Sehingga Desa Persiapan Santong Mulia memperoleh nomor Register 08.03.0007.

* Proses Pelayanan kepada masyarakat saban hari pun terus dilakukan. Hingga akhirnya, tibalah saatnya tim virifikasi tingkat Kabupaten Lombok Utara yang di Ketuai oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan H.Nanang Mattalata, turun ke Desa Persiapan Santong Mulia, (13 Februari 2018) untuk dilakukan verifikasi, apakah layak dan tidaknya bisa di usulkan menjadi Desa Devinitif.

*Tidak lama berselang, (07 Maret 2018) Tim Verifikasi Desa Persiapan tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat, dari Biro Pemdes Provinsi NTB, yang di Ketuai oleh Kasubag Pembinaan Wilayah, H.Edy Purwanto. Pada saat itu, H.Edy Purwanto, menegaskan bahwa pada prinsipnya pemekaran desa adalah untuk mendekatkan pelayanan pada masyarakat. Sehingga, dalam verifikasi desa persiapan ini diharapkan bisa memenuhi keseluruhan syarat yang di persyaratkan untuk bisa berdiri sebagai Desa yang mandiri dan Devinitif.

 

Menerima Kunjungan Tim Pansus DPRD KLU

*Pada hari Selasa, 18 Juni 2019 tim Pansus II DPRD Kabupaten Lombok

Utara yang di Ketuai oleh Raden Nyakradi turun ke Desa Persiapan Santong Mulia, dalam rangka Verifikasi sebelum di tetapkannya Perda Pembentukan Desa Persiapan Santong Mulia menjadi Devinitif. Dalam kunjungan Pansus tersebut, seluruh elemen masyarakat dan komite pemekaran antusias menyambut kedatangan tim Pansus. Raden Nyakradi mengatakan, bahwa yang terpenting dalam penetapan Perda Desa Santong Mulia menjadi Devinitif, harus jelas seluruh persyaratan yang diperlukan, termasuk sarana dan prasarana serta batas wilayahnya harus jelas.

 

Penyerahan Kode Desa Oleh : Bupati Dr. H.Najmul Akhyar 

*Setelah perjuangan cukup panjang sejak 2015, akhirnya Desa Persiapan Santong Mulia, menerima kode desa dari Kementerian Dalam Negeri, yakni 52.08.03.2010. Awalnya kode desa ini akan diserahkan 11 Maret 2020, namun terhambat dengan adanya pandemi covid-19, sehingga pada akhirnya, Kamis 18 Juni 2020, Asisten I Setda NTB Eva Nurcahyaningsih menyerahkan kode desa ini kepada Bupati KLU Najmul Akhyar, untuk selanjutnya diserahkan kepada Pj.Kepala Desa Santong Mulia Eko Sekiadim.

 

Penyematan Tanda Jabatan Pj.Kades oleh Dirjen Kemendagri

*Selasa 21 Juli 2020, di Hari Ulang Tahun Kabupaten Lombok Utara ke -12, Desa Persiapan Santong Mulia dan 9 Desa lainnya di Kabupaten Lombok Utara diresmikan berdirinya menjadi Desa Devinitif oleh Bupati Dr. H.Najmul Akhyar. Sehingga peresmian ini dianggap sebagai kado terindah bagi Kabupaten Lombok Utara. Termasuk Pj.Kepala Desa devinitifnya pun dilantik dan diambil sumpahnya yakni Eko Sekiadim.

 

 

**Usai menerima kode desa serta telah diresmikannya menjadi Desa Devinitif, sebagai wujud syukur masyarakat Desa Santong Mulia, maka sore hari (Selasa, 21 Juli 2020) di gelar pawai allegoris tingkat Desa Santong Mulia, dengan melibatkan seluruh elemem masyarakat, termasuk kelompok kesenian yang ada di Desa Santong Mulia serta pihak lain yang turut juga ambil bagian, mulai dari perbatasan dengan Desa Kayangan di sebelah utara hingga perbatasan dengan Desa Sesait (induk) sebelah selatan dan kembali ke Kantor Desa Santong Mulia sebagai tempat finis.

Tasyakuran dengan baca Yasinan dan Berzanji

*Sebagai bentuk wujud syukur telah devinitifnya Desa Santong Mulia, maka pada malam Jumat,23 Juli 2020 di gelar Yasinan dan Berzanji, yang dihadiri oleh seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan  para santri seluruh TPQ  dari 6 (enam) dusun, bertempat di teras Kantor Desa Santong Mulia.

 

Pawai allegoris wujud syukur masyarakat telah devinitif

* Selanjutnya pada hari Minggu, 26 Juli 2020, wujud syukur pun dilanjutkan. Tema yang di usung dalam kegiatan ini adalah “Santong Mulia Berzikir dan Parade Dulang Saji, Sebagai Wujud Syukur Telah Menjadi Desa Devinitif”. Pada momen ini, Bupati Dr.H.Najmul Akhyar,SH.MH dengan didampingi Wakil Ketua DPRD KLU H.Burhan M.Nur,SH, Kabag Pemerintahan H.Ruba’in, Kepala DP2KBPMD KLU Drs H.Kholidi, dan beberapa pimpinan OPD lingkup Kabupaten Lombok Utara dan OPD lingkup Kecamatan Kayangan, turut juga menghadiri. Selain itu, hadir pula seluruh lapisan masyarakat Desa Santong Mulia, termasuk grup       kesenian, seperti : Kesenian Sireh Santong Mulia, Gamelan Beleq Turun Tangis Santong Mulia dan Gamelan Beleq Karya Muda Tukak Bendu. Turut juga memeriahkan kegiatan ini, grup tari sulung cilik siswa-siswi SD 2 Sesait mengiringi tampilnya “Parade Dulang Saji” seluruh masyarakat Desa Santong Mulia.

 

Pembentukan Pengurus PKK Desa

*Menapaki perjalanan Desa Santong Mulia sebagai Desa baru Devinitif, mengawali pemerintahannya, maka Pj.Kepala Desa telah melakukan hal-hal sebagai berikut :

*Pada hari Jumat 02 Agustus 2020. membentuk pengurus PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan

Keluarga) dengan melibatkan seluruh kaum hawa perwakilan dari 6 (enam) dusun dalam wilayah Desa Santong Mulia, bertempat di Berugak Kepala Desa. Pada pertemuan tersebut telah terbentuk Pengurus TP PKK Desa  Santong Mulia, dengan komposisi sebagai berikut : 

  1. Ketua     :  Sumarni, S.Pd
  2. Wakil Ketua :  Ratnawati, S.Pd
  3. Sekretaris : Deni Kartika Sari,.AMd.Keb.

Bendahara :   Saeniwati

POKJA  I  : Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila serta Gotong Royong

  1. Ketua :  Sahnim
  2. Wakil Ketua :  Jumisah
  3. Sekretaris :  Ririn
  4. Anggota :   Marniati, dan Ariati Lks

POKJA II   : Pendidikan, Ketrampilan dan Pengembangan Kehidupan Berkoprasi

  1. Ketua :  Rusninten,S.Pt
  2. Wakil Ketua : Alumi
  3. Sekretaris :  Lina Gusniyawati
  4. Anggota :   Nurul Hidayati, Nirawati

POKJA III   :  Pangan,Sandang, Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga

  1. Ketua    :  Mahayati
  2. Wakil Ketua : Ida Jumsah
  3. Sekretaris             :  Inip H
  4. Anggota :   Risna Kamil, Erna M

POKJA IV   :  Kesehatan, Lingkungan Hidup dan Perencanaan Sehat

  1. Ketua :  Utary Sasmi, A.Md.Keb.
  2. Wakil Ketua :  Andi Kartini
  3. Sekretaris     :  Nurhariati
  4. Anggota :   Ariati Sm, Suharni

 

Rapat Pembentukan Karang Taruna Panji Daring

*Jumat 28 Agustus 2020, di gelar Musyawarah Desa Santong Mulia, bertempat di SDN 2 Sesait, membentuk Pengurus Karang Taruna yang diberi nama “Panji Daring Desa Santong Mulia” dan pengukuhan 9 September 2020. Hadir dalam pertemuan tersebut seluruh perwakilan organisasi pemuda, remaja mesjid, perwakilan perempuan, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta para Kepala Dusun dalam wilayah Desa Santong Mulia. Adapun komposisi Pengurus Karang Taruna Panji Daring Desa Santong Mulia, sebagai berikut :

  1. Ketua : Ilham Maulana
  2. Wakil Ketua:  Toni Risanto, A.Md.Kep.
  3. Sekretaris :  Kayandi, S.Pd
  4. Bendahara : Siti Maesarah,A.Md. Keb.

** Bidang- Bidang  :

  1. Bidang Pendidikan dan Pelatihan
    • Koordinator : Ismanto, S.Pd,
    • Anggota : 1. Mega AF, Risnayanti, Suta Wijaya
  2. Bidang Kerohanian dan Pembinaan Mental
    • Koordinator : Harmudin
    • Anggota : 1. Swardi, S.HM.M.Tn, Oji Kusuma Wardi, Yuliana

III.Bidang Olah Raga dan Seni Budaya

  • Koordinator: Dedi Kusumawardani
  • Anggota : 1. Rista Yanti, Akhmadi, Rian Aji Jaya Saputra

IV.Bidang Lingkungan Hidup

  • Koordinator : Herianto
  • Anggota :  1. Iskandar, S.Pt, Marliandi, Ana Serpana, A.Md

V.Bidang Usaha Kesejahteraan Masyarakat dan Kewirausahaan

  • Koordinator : Eri Sugandi, A
  • Anggota : 1. Essy Dian Suriani, Handayani, Riandi

VI.Bidang Humas, Literasi dan Kemitraan

  • Koordinator : Yudi Ariadi, S.B
  • Anggota : 1. Sahrul Wahyudi, 2. Yan Santoso, 3. Nopita Sari

VII.Bidang Organisasi dan Kesekretariatan

  • Koordinator        : Iwin
  • Anggota : 1. Hari Hartono, 2. Samaniati, 3. Mariadi

 

Rapat Pembentukan Pembentukan LPM

**Pada hari Rabu, 19 November 2020 bertempat di Aula Kantor Desa Santong Mulia, dengan dihadiri oleh para Kepala Dusun, tokoh agama, tokoh masyarakat, TP PKK Desa, Karang Taruna Panji  Daring dan perangkat desa, telah di gelar musyawarah untuk membentuk Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Santong Mulia, dengan komposisi sebagai berikut :

  1. Ketua     :  Misyadin, S.Pd
  2. Sekretaris :  Karyati Al Bayan
  3. Bendahara :   Lina Gusniyawati

Bidang-Bidang           :

  1. Bidang Keagmaan & Bintal
    • Koordinator : Swardi, S.HM.Mn
    • Anggota   : 1. Lupiandi,S.PdI, 2. Heri Susanto
  2. Bidang Pemuda & Olahraga
    • Koordinator : Akhmadi
    • Anggota   : 1. Supiardin, S.Pd, 2. Rendi Subandi
  3. Bidang Pendidikan dan Latihan
    • Koordinator : Kayandi,S.Pd
    • Anggota     :  1. Iskandar, S.Pt, 2. Atta Susanto,S.Sos
  4. Bidang Ekonomi dan Koperasi
    • Koordinator  : Murdiono,SE
    • Anggota  :     1. Agus Yospendi,SE, 2. Suta Wijaya
  5. Bidang Pemberdayaan PKK
    • Koordinator : Ratnawati, S.Pd
    • Anggota   : 1. Rusninten, S.Pt, 2. Sahnim
  6. Bidang Komunikasi & Informasi
    • Koordinator : Sahrul Wahyudi
    • Anggota : 1. Suhaedin, A.Ma, 2. Saidan Bahrul
  7. Bidang Kesehatan dan KB
    • Koordinator : Toni Risanto, A.Md.Kep.
    • Anggota  : 1. Utary Sasmi, A.Md.Keb.2. Siti Maesarah, A.Md.Keb.
  8. Bidang Sosial, Budaya dan Kesenian
    • Koordinator : Asrudin
    • Anggota : 1. Rasidin, 2. Nurdip.
  9. Bidang Organisasi dan SDM
    • Koordinator : Miswadi, S.Sos
    • Anggota : 1. Riandi Hermawan, 2. Essy Dian Suriani, S.Ak
  10. Bidang Keamanan & Ketertiban
    • Koordinator : Ahirman (satgas Linmas)
    • Anggota : 1. Darmawan, 2. Rian Aji Jaya Saputra.
  11. Bidang Lingkungan Hidup
    • Koordinator : Hari Hartono
    • Anggota    : 1. Ana Serpana, A.Md, 2. Yan Santosa

 

Panitia Pansel Perangkat Desa

*Selain membentuk lembaga - lembaga tersebut, sebagai desa baru tentu masih banyak kekurangannya, diantaranya adalah anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Perangkat Desa. Untuk mengisi kekosongan tersebut, maka perlu di bentuk panitia rekruitmen, baik panitia rekruitmen anggota BPD maupun panitia rekruitmen pengisian perangkat desa.

*Jumat, 6 November 2020 dengan dihadiri para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, perwakilan perempuan dan para kepala dusun dalam wilayah Desa Santong Mulia, bertempat di Aula Kantor Kepala Desa Santong Mulia, maka dibentuklah Panitia Rekruitmen Perangkat Desa Santong Mulia, dengan komposisi sebagai berikut :

  1. Ketua             : Abidin Tuarita,BSc,
  2. Sekretaris       : Dedi Supriadi
  3. Anggota          : 1. Misyadin, S.Pd, 2. Sumarni, S.Pd, 3. Karyati Al Bayan, 4. Harmudin, 5. Ajudin

 

 Pemebentukan Panitia Rekruitmen Anggota BPD

 ** Tiga minggu kemudian, tepatnya,Rabu 19 November 2020 dengan menghadirkan para Kepala Dusun, Pengurus Karang Taruna Panji Daring, Pengurus TP-PKK Desa, tokoh agama, tokoh masyarakat,tokoh pemuda, para Kader dan undangan lainnya, bertempat di Aula Kantor Kepala Desa Santong Mulia, telah dibentuk Panitia Rekruitmen Pengisian Anggota           Badan   Permusyawaratan           Desa (BPD), dengan komposisi sebagai berikut :

  1. Ketua              : Yudi Ariadi, S.Bns
  2. Wakil Ketua     : Ahmad Sugianto
  3. Sekretaris       : Robi Arizana,A.Md
  4. Anggota          : 1. Iskandar, S.Pt, 2. Ratnawati,S.Pd, 3. Darmawan, 4. Ismanto

 

Pemilihan anggota BPD Perwakilan Perempuan 

*Pada hari Sabtu, 19 Desember 2020, dengan dihadiri seluruh perwakilan perempuan se-Desa Santong Mulia, bertempat di Aula Kantor Desa Santong Mulia, di gelar musyawarah mufakat untuk memilih wakil perempuan yang akan duduk di BPD, dari 3 (tiga) orang calon yang mendaftar, Melisa Agustina dan Ismianah asal Lokok Sutrang serta Deni Kartika Sari asal Tukak Bendu. Sebelumnya, oleh panitia rekruitmen, digelar testimoni dari masing-masing calon. Dengan 42 orang pemilih keterwakilan perempuan dari 6 dusun, masing-masing 7 orang, akhirnya terpilihlah Melisa Agustina.

 

Pemilihan anggota BPD Perwakilan Laki-laki

*Pada hari Minggu, 20 Desember 2020, giliran dapil Santong Mulia dan Lokok Rauk untuk memilih anggota BPD Perwakilan Laki-laki bertempat di Mesjid Nurul Muhajirin Santong Mulia. Dari 2 Calon, yakni : Dedi Kusumawardani asal Dusun Santong Mulia dan Hardianto asal Dusun Lokok Rauk calon terdaftar dan berhak dipilih.            Dalam pemilihan            tersebut, terpilihlah Hardianto.

*Selanjutnya, pada hari Senin, 21 Desember 2020, giliran Dapil Sumur Jiri dan Mula Gati menggelar pemilihan bertempat di Gedung P3A Sumur JIri. Dari 3 (calon) terdaftar, Isdin,M.Pd, Agus Supriono (asal Sumur Jiri) dan Ahmad Darmawan (asal Mula Gati), terpilihlah Agus Supriono.

*Pada hari Rabu, 23 Desember 2020, bertempat di Mesjid Baitul Mukhlisin Tukak Bendu, panitia kembali menggelar pemilihan. Calon terdaftar di Dapil Tukak Bendu ini adalah Murdianto, Suniadin dan Andi Harmono. Berdasarkan hasil musyawarah mufakat masyarakat, yang dihadiri oleh para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, seluruh panitia, maka terpilihlah Murdianto.

*Sehingga, pada hari Selasa, 29 Desember 2020, Panitia Pengisian Anggota BPD Desa Santong Mulia menggelar rapat Pleno penetapan anggota BPD terpilih, yakni :

  1. Tuarita Abidin,B.Sc, asal Lokok Sutrang, keterwakilan Dapil Lokok Sutrang
  2. Murdianto, asal Tukak Bendu, keterwakilan Dapil Tukak Bendu.
  3. Hardianto, asal Lokok Rauk, keterwakilan Dapil Lokok Rauk dan Santong Mulia
  4. Melisa Agustina, asal Lokok Sutrang, keterwakilan Perempuan.
  5. Agus Supriono, asal Sumur Jiri Dapil Sumur Jiri dan Mula Gati

 

BPD Desa Santong Mulia Usai dilantik

* BPD hasil rekruitmen tersebut dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Lombok Utara Dr H.Najmul Akhyar, Rabu, 13 Januari 2021 di Aula Kantor Bupati Lombok Utara di Tanjung.

*Setelah anggota BPD sudah resmi ada, maka tahap berikutnya adalah menggelar rekruitmen  Perangkat Desa untuk 5 (lima) jabatan formasi, yakni Jabatan Kasi Pemerintahan, Kasi Kesra, Kasi Pelayanan, Kaur Umum dan TU dan Kau Keuangan. Sedangkan untuk jabatan Sekdes dan Kaur Perencanaan tidak di rekrut karena memang sudah terisi. Hal ini berdasarkan Perda nomor 10 tahun 2020 tentang Pembentukan Desa Santong Mulia, pasal 11 (1) dinyatakan, Perangkat Desa dan anggota BPD yang melaksanakan tugas di Desa Sesait yang berdomisili di Desa Santong Mulia menjadi perangkat Desa dan anggota BPD di Desa Santong Mulia.Itulah sebabnya untuk jabatan Sekdes diisi oleh Dedi Supriadi dan jabatan Kaur Perencanaan di isi oleh Wiraswasta,S.Pd, sama dengan jabatannya ketika menjadi Perangkat Desa induk (Sesait) sebelumnya.

 

Rekruitmen  Perangkat Desa Untuk 5 (lima) jabatan formasi :

*Sedikitnya ada 20 (dua puluh) orang putra-putri terbaik Desa Santong Mulia ikut ambil bagian pada rekruitmen calon Perangkat Desa Santong Mulia untuk 5 (lima) formasi jabatan, diantaranya :

  1. Jabatan Kasi Pemerintahan : Zaenulhadi,S.Pd, Risnayanti, Rendi Subandi, Akhmadi
  2. Jabatan Kasi Kesra : Ismanto, Andrean, Hendri Usman,A.Md, Iskandar,S.Pt
  3. Jabatan Kasi Pelayanan : Al Ismai Zohri Kamiadi,A.Md, Nila Indra Lesmana,S.Sos, Febi Haristan, Yuliza Harnoni
  4. Jabatan Kaur Umum dan TU : Lia Suci Lestari,S.Pd, Ismanto,S.Pd, Edwin Purnama, Suniadin, Eri Sugandi,A.Md.Pt
  5. Jabatan Kaur Keuangan : Rusmandi,S.Kom, Arwanto, Dedi Mulyanto,S.Pd

*Senin, 11 Januari 2021, bertempat di Aula Kantor Desa Santong Mulia, di laksanakan ujian tes tulis dan wawancara selama satu hari penuh oleh tim penguji independen dari DP2KBPMD KLU dan Perguruan Tinggi Universitas 45 Mataram. Dari 20 (duapuluh) orang peserta calon Perangkat Desa Santong Mulia yang mengikuti ujian dan yang dinyatakan lulus adalah :

  1. Jabatan Kasi Pemerintahan yaitu Zaenulhadi,S.Pd
  2. Jabatan Kasi Kesra : Ismanto
  3. Jabatan Kasi Pelayanan : Al Ismai Zohri Kamiadi,A.Md
  4. Jabatan Kaur Umum dan TU : Lia Suci Lestari,S.Pd
  5. Jabatan Kaur Keuangan yaitu : Rusmandi,S.Kom

 

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Perangkat Desa

*Kemudian Perangkat Desa Santong Mulia yang dinyatakan lulus tersebut, dilantik dan diambil sumpahnya, Kamis, 21 Januari 2021 serta mengangkat 6 (enam) orang staf dan satu orang staf BPD (Edwin

Purnama), terhitung mulai, Senin 01 Februari 2021. Kemudian Kamis 04 Februari 2021 membentuk dan mengangkat Penghulu Desa, H.Aenudin.

*Enam orang staf yang diangkat tersebut diambil dari mereka yang pernah ikuti ujian tulis dan wawancara pada rekruitmen perangkat desa dan berdasarkan kemampuan yang dimiliki, yakni :

  1. Akhmadi, staf Kasi Kesra
  2. Arwanto, staf Kasi Pemerintahan
  3. Ismanto,S.Pd, staf Kasi Pelayanan
  4. Nila Indra Lesmana,S.Sos, Staf Kaur Umum dan TU
  5. Andrean, staf Kaur Keuangan
  6. Suniadin, staf Kaur Perencanaan

 

**Para Pejabat Kepala Desa Santong Mulia dari masa ke masa, antara lain :

  1. Eko Sekiadim,S.Sos      Tahun 2015

  2. Atmaja Gumbara,SP     Tahun 2016

  3. Yurdin                            Tahun 2017

  4. Eko Sekiadim,S.Sos       Tahun 2018 - 2021          

  5. Yurdin                            Tahun 2021 - 2022

       

 

 

 

 

                                       HERMANTO

                    KEPALA DESA SANTONG MULIA TERPILIH PADA PILKADES PERTAMA

                                                SELASA, 21 DESEMBER 2021

                                                     PERIODE 2022 - 2028

============================oo000oo================================

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dokumen Lampiran : Sejarah Desa


Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Santong Mulia

tampilkan dalam peta lebih besar